Monday, November 14, 2016

Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi


Pemberian PR Kepada Siswa
Pekerjaan rumah atau yang sering disingkat PR sudah menjadi bagian yang sering dijumpai dari proses belajar mengajar di sekolah. Hampir setiap guru dari setiap mata pelajaran selalu menggunakan PR untuk memastikan siswanya mengulang kembali pembelajaran yang sudah diberikan. Hal ini tentu menimbulkan pro dan kontra karena ada yang setuju anak diberikan PR ada juga yang tidak setuju anak diberikan PR.
            PR menurut para guru sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswanya dalam pembelajaran yang baru saja diajarkan dan juga agar siswa tidak cepat lupa dengan materi yang diajarkan oleh guru. Akan tetapi, sebagian orang menganggap bahwa PR tidak baik bagi kesehatan mental anak. Di negara Perancis guru tidak boleh memberikan PR kepada siswanya karena Pemerintah Perancis menganggap bahwa PR hanya membuat anak kelelahan. Hal ini bisa dipahami karena anak sudah menghabiskan waktu untuk belajar di sekolah dengan waktu yang cukup lama bisa sampai setengah hari lebih, mereka pasti berharap sepulang sekolah mereka bisa menghabiskan waktu untuk bermain atau beristirahat. Namun kenyataannya tidak bisa karena mereka harus mengerjakan PR yang banyak dan tidak bisa bermain.
            Dr. Beverly Donaldson dari Imperial College Healthcare Pediatrics berpendapat bahwa anak-anak terbebani dengan terlalu banyaknya PR yang akhirnya membuat mereka stress. Anak-anak tidak seharusnya menghabiskan waktu mereka untuk terus berhitung dan menghafal. Selanjutnya ada juga pendapat dari Dr Updale yang mengatakan PR tersebut akan membuat anak-anak menghabiskan waktu lebih banyak di dalam kamar atau rumah dibandingkan untuk bermain diluar itu menyebabkan anak tidak bisa bersosialisasi dengan keluarga dan teman-temannya. Banyak sekali masyarakat luar yang menganggap bahwa PR itu penting. Akan tetapi, anak juga perlu waktu untuk dirinya sendiri melakukan apa yang anak itu inginkan karena terkadang beban PR itu terlalu mengganggu bagi anak.
            Di balik semua hal negatif dari adanya PR ada juga hal positif seperti anak bisa mengetes kepahaman materi yang diajarkan lewat mengerjakan PR, guru memberikan PR agar anak itu belajar di rumah jika sudah terbiasa belajar di rumah maka akan menjadi kebiasaan dan anak tersebut akan terus rutin belajar sampai dia dewasa dan menjadi orang yang sukses. PR memang wajib diberikan oleh guru kepada siswanya. Akan tetapi jangan terlalu banyak memberikannya agar siswa tidak stress atau keberatan dengan diberikannya PR tersebut. PR juga baik bagi anak agar anak tidak banyak bermain di luar dan terpengaruhi oleh pergaulan bebas jaman sekarang karena anak banyak diam di rumah dan menghabiskan waktu untuk belajar, PR juga membuat anak bersosialisasi karena saat ada PR yang sulit untuk dikerjakan anak akan bertanya kepada orang tua atau teman-temannya bagaimana cara menyelesaikan PRnya.
Rizal dari psikolog terapan Universitas Indonesia (UI) berpendapat tidak semua PR mengganggu kehidupan keluarga atau sosial anak karena tergantung dari PR yang diberikan seperti apa dengan melihat jumlah dan tingkat kesulitannya. Saat ini memang ada beberapa sekolah yang sudah tidak memberikan PR lagi bagi siswa-siswanya karena siswanya sudah belajar di sekolah dari pagi hingga sore hari. Akan tetapi, sebaiknya anak tidak selalu bergantung kepada PR jika ada PR baru belajar, karena ada atau tidak adanya PR setiap anak harus tetap belajar di rumah pada malam hari maupun pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah.
Dengan demikian, pemberian PR memang boleh dilakukan oleh guru. Akan tetapi, jangan terlalu banyak agar siswanya tidak terbebani dan masih memiliki waktu istirahat saat pulang sekolah. Peran orang tua pun harus ikut serta saat ada PR dan anaknya kesulitan mengerjakan bisa dibantu oleh orang tua dan jika anak tidak ada PR diharapkan orang tua juga memerintahkan anaknya untuk belajar dengan durasi yang tidak terlalu lama.

5 comments:

  1. Solusi apa yang di berikan agar siswa tidak sampak kecanduan internet

    ReplyDelete
  2. Bagaimana pengaruh positif dan negatif mengenai pengaruh internet bagi pelajar uraikan pendapat mu

    ReplyDelete