Wednesday, October 19, 2016

Contoh Teks Eksemplum


Teks Eksemplum



Jacong dan Temannya
Pagi itu beberapa polisi menangkap 2 orang tersangka pemakai dan seorang tersangka pengedar sabu-sabu untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di malpores kuningan. Kedua pemakai dan seorang pengedar itu sudah berteman baik sejak masih smp dan tidak di sangka mereka melakukan kejahatan.
Jacong adalah warga kelurahan Asaranten Endah kecamatan Arcamanik,Bandung.Ia hanya menjadi pengangguran di desanya. Jacongpun mempunyai teman yang bernama Jono dan Joni yang kebetulan mereka satu kampung dengan Jacong.
Karena Jacong tidak mempunyai pekerjaan Jacong tergiur menjadi bandar dan pengedar sabu-sabu karena menurut informasi keuntungan menjual sabu-sabu sangat besar,Jacong berpikir dirinya akan cepat kaya tanpa memikirkan kerugian yang akan dirinya perbuat. Saat Jacong sudah mempunyai sabu-sabu yang banyak,Jacong bingung akan menjual kepada siapa,namun ketika itu 2 orang temannya datang,Jacong berpikir untuk menjual sabu-sabu kepada 2 orang temannya itu,lalu kedua temannya itu tergiur untuk membelinya.
Berbulan-bulan Jacong menjadi pegedar sabu-sabu dan keduan temannya yaitu Jono dan Jonipun selalu menjadi konsumen Jacong, karena Jono bosan menjadi konsumen terus menurus, Jonopun ingin menjadi penjual sabu-sabu yang di bandari Jacong. Dirumah Jacong sudah banyak sekali sabu-sabu polisipun belum ada yang mengetahui.
Saat pagi hari tanggal 24 April 2015 polisi mencurigai Joni membawa sabu-sabu di tambal ban miliknya saat itupun Joni di tangkap polisi,Joni mengatakan bahwa sabu-sabu itu titipan dari Jono polisipun datang ke rumah Jono dan benar saja di rumah Jono ditemukan sabu-sabu Jono yang kaget berbicara kepada polisi bahwa Jono membeli sabu-sabu itu dari Jacong, merekapun menuju ke rumah Jacong dan Jacongpun di tangkap karena di temukan dirumahnya ada 3 paket sabu-sabu, akhirnya 3 sekawan itu di tangkap oleh polisi.
Ini tidak baik dan tidak pantas untuk di tiru oleh siapa pun bukan hanya diri sendiri yang rugi kejadian ini juga bisa merugikan orang lain keluarga Jacongpun pasti malu dengan kejadian ini pekerjaan itu masih banyak jangan hanya melihat untungnya saja,jika seperti itu bukan hanya mendapat hukuman di penjara tapi juga mendapat dosa dan juga mendapat omongan dari banyak orang yang tidak baik.
Janganlah mencari pekerjaan yang haram dan janganlah melihat pekerjaan dari untungnya saja lihatlah pekerjaan itu dari sisi untung dan ruginya.Jangan pernah terhasut oleh teman yang membawa kita kedalam keburukan cari lah teman yang membawa kita ke jalan yang baik dan yang di ridhoi Allah.S.W.T

No comments:

Post a Comment